2020: Tinjauan olahraga setahun

2020 adalah tahun yang luar biasa karena berbagai alasan. Dengan dunia mencoba melawan pandemi global virus Corona, olahraga sering kali menjadi renungan. Dengan penggemar yang tidak dapat menghadiri acara secara langsung, tampilan dan nuansa olahraga langsung berubah tanpa bisa dikenali, tetapi ketekunan dan kerja keras dari badan pengatur, klub, dan olahragawan memastikan bahwa kita semua dapat menikmati aksi dari jauh. Berikut adalah beberapa sorotan olahraga kami dari tahun yang unik dan menantang.

Sepak bola

Ini merupakan tahun yang luar biasa dalam sepakbola. Di tingkat domestik, kampanye Liga Premier 2019/20 yang dominan dari Liverpool akan terus diingat. Pasukan Jurgen Klopp harus menunggu gelar liga pertama mereka selama 30 tahun, dan pasti sulit bagi penggemar The Reds untuk menonton dari kejauhan, tetapi awal Liverpool hingga kampanye Liga Premier saat ini telah memberi mereka setiap kesempatan untuk memberikan dukungan kepada para penggemar mereka. beberapa perayaan terlambat akhir tahun ini dengan mempertahankan gelar mereka.

Liverpool memenangkan 32 dari 38 pertandingan Liga Premier mereka di musim 2019/20, saat klub mengamankan gelar liga pertamanya dalam 30 tahun.

Leeds United juga mengalami tahun yang luar biasa. Promosi mereka dari Kejuaraan mengakhiri penantian 16 tahun untuk sepak bola Liga Premier, dan mereka terlihat seperti akan berada di papan atas untuk sementara waktu dengan awal yang kuat musim ini.

Momen paling dramatis dalam sepak bola pada tahun 2020 datang dari Beograd pada November, ketika Skotlandia mengamankan kualifikasi ke final besar untuk pertama kalinya sejak 1998.

Pemenang Liga Champions UEFA Bayern Munich juga pantas disebutkan. Raksasa Bavaria memenangkan penghargaan besar Eropa pertama mereka dalam tujuh tahun dan sepenuhnya mendominasi olahraga di negara asalnya, Jerman.

Sepak bola juga dengan sedih kehilangan salah satu pemain terhebatnya di Diego Maradona.

Bola basket

Inovasi yang ditampilkan tahun ini oleh NBA harus mendapat tepuk tangan. Dengan Coronavirus menyerang di tengah musim reguler NBA, liga membuat rencana untuk membentuk gelembung, yang berisi semua tim yang masih memiliki peluang untuk membuat postseason, di Disney World Resort dekat Orlando. Kisah yang kemudian terkuak di Florida itu layak menjadi naskah blockbuster Hollywood.

Tahun 2020 bukanlah tragedi yang singkat, tetapi dunia olahraga terguncang kembali pada Januari ketika legenda LA Lakers Kobe Bryant meninggal bersama putrinya akibat kecelakaan helikopter. Bola basket telah kehilangan sebuah ikon dan seluruh dunia olahraga berduka.

Maju cepat ke Oktober, dan Lakers mengangkat Larry O’Brien untuk menyamai rekor ke-17 kalinya, berkat kemenangan Game Six Championship atas Miami Heat. Menyaksikan orang-orang seperti Lebron James dan Anthony Davis adalah hal yang menyenangkan untuk dilihat, seperti juga penghormatan yang membanjiri Bryant yang legendaris sepanjang kejuaraan.

Tinju

Agak dapat dimengerti untuk olahraga yang berkembang pesat pada penonton langsung yang banyak, acara tinju terbesar tahun 2020 datang sebelum wabah COVID-19. Hasil imbang Tyson Fury tahun 2018 dengan Deontay Wilder akan turun sebagai salah satu ganda kelas berat paling dramatis sepanjang masa, dan pertandingan ulang tahun ini menggarisbawahi Fury sebagai petarung aktif terbesar di divisinya setelah mengamankan penghentian ronde ketujuh.

Dunia tinju juga sangat pintar untuk terus tampil sejak pandemi melanda. Kemenangan mengejutkan Joe Joyce atas Daniel Dubois menjadi berita utama di Inggris, sementara penghancuran Kubrat Pulev yang diukur oleh Anthony Joshua juga menarik perhatian.

Tahun ini juga akan menjadi tahun terobosan untuk tinju wanita. Gadis poster olahraga, Katie Taylor, menorehkan kemenangan lain atas Delfine Persson di acara paling terkenal di permainan wanita. Sebutan khusus juga harus dibuat untuk Terri Harper, Savannah Marshall dan Chantelle Cameron, yang semuanya menjadi Juara Dunia dalam 12 bulan luar biasa untuk petinju wanita Inggris.

Prestasi olahraga lainnya di tahun 2020

Lewis Hamilton telah menjadi berita utama baru-baru ini, dianugerahi gelar bangsawan di Penghargaan Tahun Baru Ratu. Penghargaan pribadi ini adalah ceri di atas tahun yang luar biasa bagi pengemudi Mercedes. Hamilton menyamai rekor legendaris Michael Schumacher dengan tujuh gelar dunia F1.

Dalam persatuan rugby, Exeter menjalani tahun 2020 yang fantastis dengan mengamankan gelar juara Liga Utama dan Piala Champions pertama mereka, memenangkan gelar tim rugby domestik terbaik di Eropa.

Sementara Ronnie O’Sullivan mengamankan hadiah terbesar di snooker untuk keenam kalinya, itu akan menjadi penampilan luar biasa Judd Trump yang akan dikenang karena menerangi olahraga pada tahun 2020. Dengan 102 abad musim lalu, dan 42 abad sudah musim ini, Trump masuk bentuk hidupnya. Petenis nomor satu dunia itu mengamankan rekor enam gelar peringkat pada tahun 2020.

2020 memberikan tahun yang sangat mengganggu untuk tenis, dengan tidak ada Grand Slam yang berlangsung di Wimbledon. Namun, Novak Djokovic dan Sofia Kenin menang di Australia Terbuka, Rafael Nadal – siapa lagi? – dan Iga Świątek mengamankan gelar di Roland Garros, sementara Naomi Osaka dan Dominic Thiem menang di Flushing Meadows.